Syarat sholat artinya perkara yang sahnya sholat tergantung pada perkara itu.
Sifat-sifat orang yang terkena kewajiban sholat, syaratnya:
Islam: Orang kafir asli (bukan murtad) dalam hukum dunia tidak diperintahkan sholat, tetapi di akhirat akan disiksa karena tidak sholat. Sebab menurut pendapat yang lebih kuat, orang kafir itu tetap terkena perintah syariat furu’iyah (fikih) termasuk sholat, walaupun kalau dia mengerjakannya pun tetap tidak sah.
"Orang kafir asli jika masuk Islam tidak wajib mengqadha sholat yang ditinggalkan selama masa kafirnya. Adapun orang yang murtad, jika kembali masuk Islam maka wajib mengqadha seluruh sholat selama masa murtadnya"
Baligh: Artinya orang yang sudah memiliki salah satu tanda baligh. Tidak wajib sholat bagi anak kecil yang belum baligh, tetapi orang tuanya wajib menyuruh sholat jika anak sudah berusia tujuh tahun, bahkan wajib dipukul jika anak sudah sepuluh tahun, tujuannya agar saat baligh nanti terbiasa mengerjakan sholat. Ini bukan berarti anak itu sudah terkena kewajiban sholat.
Berakal sehat: Orang gila tidak wajib sholat. Bahkan jika sembuh tidak perlu mengqadha, kecuali gilanya disengaja.
Suci dari haid dan nifas: Artinya tidak sedang mengalami haid atau nifas.
Sempurna pancaindra: Tidak wajib sholat bagi orang yang sejak sebelum baligh sudah buta dan tuli walaupun bisa bicara.
Sampainya dakwah Islam: Tidak wajib sholat bagi orang yang tinggal di tempat terpencil yang belum sampai dakwah dan ajaran Islam kepadanya.
H. Syarat Sahnya Sholat
Suci dari hadats besar dan kecil: Artinya jika memiliki hadats besar maka harus mandi dulu, jika hadats kecil maka harus wudhu dulu, begitu juga jika mampu. Adapun bagi yang tidak mampu bersuci, seperti yang junub atau batal wudhu tapi tidak ada air, dan ingin tayamum tapi tidak ada tanah, maka tetap wajib sholat untuk menghormati waktu. Sholatnya sah, tetapi jika nanti bisa bersuci seperti biasa, maka sholatnya harus diulang (diqadha).
Suci badan, pakaian, dan tempat sholat dari najis yang tidak dimaafkan: Maksudnya suci badan adalah suci bagian luar tubuh termasuk lubang hidung dan mulut harus bersih dari najis. Suci pakaian artinya seluruh pakaian yang dikenakan untuk sholat harus bersih. Suci tempat artinya seluruh tempat yang terkena badan dan pakaian selama sholat harus bersih dari najis.
Catatan:
Haram hukumnya membuat tato, baik di tubuh sendiri atau tubuh orang lain.
Sholat orang yang ditato itu termasuk membawa najis di bagian luar tubuh, sehingga sholatnya tidak sah. Jika tidak membahayakan, wajib dihilangkan/menghapus tato tersebut.
Menurut Imam Bujaerimi: Jika membuat tato dalam keadaan tidak mukallaf seperti masih anak-anak atau gila, maka mutlak tidak wajib dihilangkan. Jika dibuat dalam keadaan mukallaf (baligh dan berakal), maka ada perincian:
a. Jika karena kebutuhan syar’i maka tidak wajib dihilangkan.
b. Jika bukan karena kebutuhan, dan jika menghilangkannya menimbulkan bahaya, maka juga tidak wajib dihilangkan. Tetapi jika tidak menimbulkan bahaya, maka wajib dihilangkan.
Menutup aurat bagi yang mampu: Meskipun sholat sendirian tanpa orang lain atau di tempat yang gelap.
Catatan I:
a. Menutup aurat bagi laki-laki yaitu bagian atas dan samping (antara pusar dan lutut). Bagi wanita yaitu bagian atas, samping dan bawah. Jika terlihat aurat meskipun sedikit maka batal sholatnya, seperti terlihat aurat dari leher baju saat ruku’, atau terlihat pinggang saat sujud karena pakaiannya tersingkap (kebiasaan pemuda yang memakai celana pendek atau saat sujud terlihat auratnya karena bajunya terangkat).
b. Menutup aurat harus dengan pakaian yang menutupi warna kulit, tidak sah menutup aurat dengan kain yang tembus pandang seperti kain tipis atau plastik bening.
c. Bagi yang tidak mampu menutup aurat seperti tidak ada kain atau ada tapi najis dan tidak bisa disucikan, maka boleh sholat dalam keadaan telanjang dan sholatnya tidak perlu diulang (tidak wajib diqadha).
Catatan II:
a. Istilah aurat dalam bab nikah (di luar sholat) adalah bagian tubuh yang haram dilihat. Dalam bab sholat, aurat adalah bagian tubuh yang wajib ditutup.
b. Wajib menutup aurat juga di luar sholat.
c. Aurat laki-laki adalah:
Saat sholat atau dekat dengan laki-laki lain atau mahram perempuan: dari pusar sampai lutut dan sekitarnya.
Saat dekat dengan perempuan non-mahram: seluruh tubuh.
Saat sendirian: qubul (kemaluan depan) dan dubur (belakang).
d. Aurat perempuan merdeka (bukan budak) dan banci adalah:
Saat sholat: seluruh tubuh kecuali wajah dan dua telapak tangan sampai pergelangan.
Di luar sholat atau di depan laki-laki non-mahram: seluruh tubuh termasuk wajah dan telapak tangan.
Di depan wanita kafir: selain yang terlihat saat bekerja/melayani.
Sendirian atau di depan perempuan muslimah atau mahram laki-laki: sama seperti aurat laki-laki yaitu antara pusar dan lutut.
Berada di tempat yang suci: Tidak sah sholat seseorang jika anggota tubuh atau sebagian pakaiannya saat berdiri, ruku’, sujud, duduk menyentuh najis.
Yakin atau dugaan kuat bahwa waktu sholat sudah masuk: Tidak sah sholat seseorang jika ketika mulai sholat masih ragu apakah waktu sudah masuk atau belum, meskipun pada kenyataannya sudah masuk waktu.
Menghadap kiblat yaitu Ka’bah: Adapun cara menghadap kiblat:
Bagi yang sholat berdiri: dengan dada dan sebagian besar badan menghadap depan.
Bagi yang sholat menyamping (berbaring miring): dengan wajah dan dada menghadap, dan yang terbaik sisi kanan kepala di bawah.
Bagi yang sholat tengkurap: dengan wajah dan telapak kaki, kepala diganjal agar menghadap kiblat.
๐ Referensi:
23) Bajuri I hlm. 129
24) I’anatut Tholibin I hlm. 107
20) I’anatut Tholibin I hlm. 24
24) Maqoyis wal Maqodir hlm. 207
22) Jam’ul Jawami’ I hlm. 211
G. Syarat-syarat wajib sholat
Syarat sholat hartina perkara anu shahna sholat ngadago kana eta perkara.
Sifat-sifat jalma anu kakeunaan kawajiban sholat syaratna:
Islam : jalmi kafir asli (lain kafir murtad) dina hukum dunia eta teu kudu diparentah sholat, anapon diakherat mah bakal aya siksa kupedah teu sholatna, sabab numutken kaol asoh kafir teh eta kakhitoban/kaparentah ku furu'usyari'ah/fiqh kalebet sholat") sanajan lamun migawena oge kana sholat moal shah.
Catatan :
Jalmi kafir asli dimana asup islam eta teu kudu ngodloan sholat anu teu dilaksanakeun salila nuju kafir, anapon kafir murtad etamah dimana asup islam deui maka kudu ngodloan sakabeh sholat salila murtadna 23)
Balegh : hartosna jalma anu tos kasifatan salasahiji ciri balegh. Teu wajib sholat kangge budak anu teu acan balegh, ngan kangge ibu ramana wajib marentah sholat upamai budak tos usia 7 tahun, malah wajib diteunggeul upami budak tos umur 10 tahun, hikmahna sangkan dimana balegh eta budak ngabiasaken migawe sholat, sanes berarti geus kena ku kawajiban sholat.
Ber'akal sehat: jalma anu gelo teu wajib sholat, malah upami cageur teu kudu dikodloan kajaba upami gelona tina ngahaja.
Bersih tina hed sareng nifas:tegesna henteu nuju hed atawa nifas.
Lengkep panca indrana: teu wajib sholat kangge jalmi anu ti sateuacan baleghna tos lolong bari torek sok sanajan bisa ngomong.
Kanepian ku da'wah/pangajak islam: teu wajib sholat kangge jalmi anu cicing di tempat terpencil anu teu katepian ku da'wah pangajak sareng papatah islam.
H. Syarat sahna sholat
Suci tina hadats gede (junub) sareng hadats leutik (wudlu) : hartina upami gaduh adusaneun kedah adus heula, upami batal wudlu kedah wudlu heula, kitu oge upami mampu (tiasa) anapon kangge anu teu mampu susuci sapertos anu gaduh adusaneun atawa batal wudlu tapi teu aya cai, bade tayamum teu aya taneuh eta tetep kudu sholat pikeun ngahormat waktu bari sholatna hukumna sah, tapi upami tiasa susuci deui sakumaha biasa eta sholat kudu dibalikan (di kodoan)
Suci badan : anggean jeung tempat anu diangge sholat tina najis anu teu dihampura. Maksadna suci badan hartina suci badan bagian luarna termasuk liang irung, cangkem kudu suci tina najis, suci anggean hartosna suci sakur anggeanna anu kacandak sholat. suci tempat hartina sucina sakur tempat anu kaantelan ku badan sareng pakean salila sholat.
Catetan24):
Haram hukumna nyieun tato, naha dina awak sorangan atawa dina awak batur.
Ari sholatna jalma anu ditato eta kalebet mawa najis dina bagian badan luar sehingga sholatna teu shah, lamun sakira teu matak madlarat wajib hukumna ngaleungitken/mupus tato.
Numutkeun imam Bujaerimi: Lamun nyieun tato teh keur kaayaan teu kataklip saperti waktu keur budak keneh atawa keur gelo maka eta mutlaq teu wajib dileungitkeunana, lamun nyieuna keur kaayaan kataklip (balegh jeung sehat aqal) eta tafsil atau kumaha kaaya'an.
lamun karena butuh syar'i maka eta oge teu wajib dileungitkeun.
lamun lain karena hajat/butuh eta lamun kudibuangna teh matak nimbulkeun pikarempanen eta oge teu wajib dibuang ngan upami teu matak pikarempaneun etamah wajib dibuang.
Nutup aurat kangge anu mampu, sanajan sholat nyorangan teu aya batur atawa sholat dina tempat anu poek.
Catetan 1:
Ari nutup aurat kangge pameget eta tibelah luhur sareng tigigir anapon ti handapmah teu nanaon.
Anapon kangge istri mah tibelah luhur, gigir sareng handap.
jadi upami katingal aurat sanajan ngan satitik eta batal sholatna, saperti katingal aurat tina beuheung baju nalika ruku, atawa katingal cangkeng nalika sujud atawa ruku kupedah nyingsat pakean (kabiasan pamuda nu make calana baping atawa mun sujud katingali oratna lantaran nyingsat bajuna).
Nutup aurat teh eta kupakean anu nutupan kana warna kulit, teu sah sholat nutupan auratna ku kaen anu tembus pandang saperti kain anu carang (brukat) atawa plastik herang.
Kangge anu teu mampu nutupan aurat saperti teu aya kaen atanapi aya ngan najis bari teu bisa disuciken eta sholatna mangga wae bari ditaranjang, jeung sholatna teu kudu dibalikan deui(di kodoan).
Catetan II:
Istilah aurat upami dina bab nikah (luar solat) eta perkara anu haram ditingalina, upami dina bab sholat eta perkara anu wajib dtutupan.
Wajib hukumna nutupan aurat dina lian keur sholat oge.
Ari anu kaasup aurat dilalaki eta:
Dina nalika keur sholat, atawa caketeun lalaki deui atawa caketeun awewe mahramna nyaeta tiluhur batasan bujal sareng sabudeureuna muter katukang kana cangkeng, tihandapna batasan tuur.
Dina nalika caketeun awewe anu lain mahram eta sakujur badan.
Dina nalika nyorangan mah eta qubul dubur.
Ari aurat awewe merdeka (lain amat) jeng wandu eta:
Nalika sholat eta sakujur badan kajaba raray sareng dua dampal tampah panangan nepika pigelangan.
Diluar sholat atawa dekeuteun paningal lalaki anu lain mahram eta sakujur badan termasuk raray sareng dampal panangan.
Deukeuteun awewe kafir eta salian anu katingal dina nalika ngaladen (digawe).
Dina nalika nyorangan atawa deukeuteun awewe muslim atawa deukeuteun lalaki mahram eta saperti auratna lalaki tegesna antara bujal sareng tuur.
Cicingna dina tempat anu suci :teu sah sholatna jalma anu anggota badan atawa sebagaian pakeana nalika nangtung, ruku', sujud, diuk antel kana najis.
Yaqin atawa dhon (gede sangka) sholat anu dipigawe teh geus asup waktuna, teu shah sholatna jalma anu nalika prak migawe sholat ragu-ragu asup atawa acan asup waktuna, sanajan dina buktina tos asup waktu.
Madep qiblat nyaeta ka'bah.
Ari tingkah madep qiblat eta:
Kangge anu sholat bari nangntung eta ku dada sareng sebagian ageung badan belah hareup.
Kangge anu sholat bari nyangigir eta ku raray sareng dada, anu sae nyangigirna ka katuh nyirah ngaler.
Kangge anu sholatna bari nangkarak eta ku raray sareng dampal suku, carana nyirahna kawetan, ganjelan sirahna supaya madep qiblat.
๐Referensi
24) l'anatuttolibin I hal. 107
23 Bajuri I hal. 129
20) l'anatuttolibin I hal. 24
24) Maqoyis wal maqodir hal. 207
22) Jam'ul jawami' I hal. 211
Ianatu tholibin juz 1 hal 24 HUKUM QODHO SHOLAT BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL. Hukum mengqodho sholat bagi orang yang sudah meninggal ada beberapa pendapat ulama yang patut kita lihat. A. Golongan Ulama Dari Madzhab Syafi'iyah 1. Pendapat Pertama Ahli warisTidak perlu mengqodho atau membayar fidyah bagi yang sudah meninggal 2. Pendapat Kedua di qodho oleh ahli warisnya, pendapat kedua ini sebagian ulama dari madzhab Syafi'i di antaranya imam as-subki berkata " ahli waris mesti mengqodho sholat keluarganya yang sudah meninggal bilamana mayit tersebut meninggalkan tirkah atau harta waris gambarannya tidak beda halnya seperti puasa juga sama". 3. Pendapat Ketiga Pendapat ketiga ini di pilih oleh kebanyakan ulama ashab dari madzhab imam Syafi'i bahwa orang yang meninggal dan mempunyai kewajiban qodho sholat maka menurut pendapat ulama ashab imam Syafi'i, setiap sholat yang di tinggalkan di ganti dengan membayar fidyah yaitu satu mud untuk setiap waktu sholat...
๐ฎ๐ฉ Bahasa Indonesia ๐ฃ️ Basa Sunda ๐ฟ Bab Thaharah – Bersuci dalam Islam ๐ A. Pengertian Thaharah (Bersuci) Secara istilah, para ulama fikih memberikan pengertian berbeda-beda, namun pada intinya thaharah adalah: "Melakukan sesuatu yang menyebabkan seseorang diperbolehkan shalat", yaitu wudhu, mandi, tayamum, dan menghilangkan najis. ๐ง B. Media/Alat untuk Bersuci Air: Digunakan untuk wudhu, mandi, dan menghilangkan najis. Tanah: Untuk tayamum dan menyucikan najis berat (mughallazhah). Batu: Digunakan untuk istinja (cebok). Alat penyamak: Untuk menyucikan kulit bangkai hewan. ๐ง C. Tujuh Jenis Air yang Sah untuk Bersuci Menurut kitab Fath al-Qarib , berikut adalah 7 jenis air yang boleh digunakan bersuci: Air hujan Air laut Air sungai Air sumur Air mata air Air salju Air embun / es Air tersebut suci dan menyucikan selama tidak berubah sifat asalnya (warna, rasa, at...
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda dengan baik dan sopan