Niat untuk memperbolehkan melakukan ibadah yang membutuhkan tayamum. Misalnya untuk salat, maka niatnya adalah: Niat untuk memperbolehkan melaksanakan salat, bukan niat menghilangkan hadas karena tayamum tidak menghilangkan hadas.
Mengusap wajah.
Mengusap kedua tangan.
Tertib.
❌ E. Pembatal Tayamum
Segala sesuatu yang membatalkan wudhu.
Adanya air sebelum mulai salat (jika sebab tayamum karena tidak ada air), tetapi tidak batal jika sebab tayamumnya karena sakit.
Murtad.
๐งพ Praktik Tayamum 16)
Tempelkan kedua telapak tangan ke tanah suci untuk tayamum.
Kibaskan supaya tidak terlalu banyak tanah yang menempel.
Angkat tangan dan niatkan dalam hati melakukan tayamum.
Usap wajah secara merata dari atas ke bawah termasuk dua bibir.
Kibaskan tangan, jangan langsung ditempel lagi ke tanah (agar tidak musta’mal).
Tempelkan lagi tangan ke tanah seperti pertama tadi.
Usap kedua tangan:
- Letakkan telapak jari kiri (kecuali ibu jari) di atas punggung jari kanan.
- Gerakkan sampai pergelangan, lalu usapkan bagian luar tangan kanan sampai siku.
- Balik tangan kiri, usapkan bagian dalam sampai pergelangan.
- Gunakan ibu jari kiri untuk mengusap punggung ibu jari kanan.
- Lakukan yang sama pada tangan kiri.
- Terakhir, saling usapkan kedua telapak tangan.
Niat nyuprih ngameunangken migawe pagawean anu kudu tayamum, saperti bade sholat maka niatna: Niat nyuprih ngamenangken migawe sholat, teu kenging niat ngalengitken hadats, margi ari tayamum mah teu ngaleungitken hadats.
Ngusap raray.
Ngusap dua panangan.
Tartib.
❌ E. Pangbatalan Tayamum
Sakur anu ngabatalken kana wudlu (anu opat rupa).
Aya cai bari teu acan prak dina sholat, kitu oge upami tayamumna karena teu aya cai, teu batal tayamum kupedah aya cai upami tayamumna karena gering.
Murtad.
๐งพ Praktek Tayamum 16)
Dua dampal tampah kenca sareng katuhu teueulken kana taneh anu bade diange tayamum.
Keprukeun supaya teu seueur teuing taneuhna anu napelna dina dampal tampah.
Angkat dampal tampah kana arah raray bari dina hate ngeretegkeun niat tayamum.
Usap raray sina kawalatraan sadayana, tibelah luhur dugika handapeun gado kalebet dua biwir teu kenging dibalemkeun.
Kepruken dua dampal tampah, ulah ngeprul kana taneuh anu bade diangge tayamum sabab musta'mal.
Teueulkeun dampal tampah sakumaha dina anu kahiji sareng kadua.
Ngusap dua panangan:
Dampal ramo kenca salian jempolna simpen dina tungtung tonggong ramo katuhu.
Leumpangken dina tonggong tampah katuhu dugika pigeulangan.
Dampal kenca salian jempol keupeulken kana hasta katuhu belah luar dugika siku.
Balikeun usapkeun kana hasta belah jero dugika pigeulangan.
Dampal jempol kenca usapken kana tonggong jempol katuhu.
Teras ngusap panangan kenca sakumaha cara ngusap katuhu.
Rengse ngusap panangan katuhu, dampal kenca sareng katuhu silih usapkeun.
๐ฎ๐ฉ Bahasa Indonesia ๐ฃ️ Basa Sunda catatn 1 G. Syarat-Syarat Wajib Sholat Syarat sholat artinya perkara yang sahnya sholat tergantung pada perkara itu. Sifat-sifat orang yang terkena kewajiban sholat, syaratnya: Islam: Orang kafir asli (bukan murtad) dalam hukum dunia tidak diperintahkan sholat, tetapi di akhirat akan disiksa karena tidak sholat. Sebab menurut pendapat yang lebih kuat, orang kafir itu tetap terkena perintah syariat furu’iyah (fikih) termasuk sholat, walaupun kalau dia mengerjakannya pun tetap tidak sah. "Orang kafir asli jika masuk Islam tidak wajib mengqadha sholat yang ditinggalkan selama masa kafirnya. Adapun orang yang murtad, jika kembali masuk Islam maka wajib mengqadha seluruh sholat selama masa murtadnya" Baligh: Artinya orang yang sudah memiliki salah satu tanda baligh. Tidak wajib sholat bagi anak kecil yang belum baligh, tetapi orang tuanya wajib menyuruh sholat jika anak sudah berusia tujuh tahun, bahkan wajib...
Ianatu tholibin juz 1 hal 24 HUKUM QODHO SHOLAT BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL. Hukum mengqodho sholat bagi orang yang sudah meninggal ada beberapa pendapat ulama yang patut kita lihat. A. Golongan Ulama Dari Madzhab Syafi'iyah 1. Pendapat Pertama Ahli warisTidak perlu mengqodho atau membayar fidyah bagi yang sudah meninggal 2. Pendapat Kedua di qodho oleh ahli warisnya, pendapat kedua ini sebagian ulama dari madzhab Syafi'i di antaranya imam as-subki berkata " ahli waris mesti mengqodho sholat keluarganya yang sudah meninggal bilamana mayit tersebut meninggalkan tirkah atau harta waris gambarannya tidak beda halnya seperti puasa juga sama". 3. Pendapat Ketiga Pendapat ketiga ini di pilih oleh kebanyakan ulama ashab dari madzhab imam Syafi'i bahwa orang yang meninggal dan mempunyai kewajiban qodho sholat maka menurut pendapat ulama ashab imam Syafi'i, setiap sholat yang di tinggalkan di ganti dengan membayar fidyah yaitu satu mud untuk setiap waktu sholat...
๐ฎ๐ฉ Bahasa Indonesia ๐ฃ️ Basa Sunda ๐ฟ Bab Thaharah – Bersuci dalam Islam ๐ A. Pengertian Thaharah (Bersuci) Secara istilah, para ulama fikih memberikan pengertian berbeda-beda, namun pada intinya thaharah adalah: "Melakukan sesuatu yang menyebabkan seseorang diperbolehkan shalat", yaitu wudhu, mandi, tayamum, dan menghilangkan najis. ๐ง B. Media/Alat untuk Bersuci Air: Digunakan untuk wudhu, mandi, dan menghilangkan najis. Tanah: Untuk tayamum dan menyucikan najis berat (mughallazhah). Batu: Digunakan untuk istinja (cebok). Alat penyamak: Untuk menyucikan kulit bangkai hewan. ๐ง C. Tujuh Jenis Air yang Sah untuk Bersuci Menurut kitab Fath al-Qarib , berikut adalah 7 jenis air yang boleh digunakan bersuci: Air hujan Air laut Air sungai Air sumur Air mata air Air salju Air embun / es Air tersebut suci dan menyucikan selama tidak berubah sifat asalnya (warna, rasa, at...
Alhamdulillah saya jadi tau peraktik tayamum gimna maksih ustd..
BalasHapus